Tips-merawat-tanaman-kaktus

Tips Merawat Tanaman Kaktus dan Sukulen

Kaktus dan Sukulen, jenis tanaman yang cukup populer sebagai tanaman hias dan dekorasi. Tidak sedikit pecinta tanaman berpendapat kedua tanaman ini mudah dirawat, hanya perlu pencahayaan yang pas dan sesekali disiram.

Padahal, setiap jenis tanaman memerlukan perawatan khusus sesuai dengan karakteristiknya, termasuk kaktus dan sukulen. Agar tanaman kaktus dan sukulen tumbuh subur, tetap cantik dan tidak layu/busuk, yuk simak tips berikut ini :

1.  Media Tanam yang Sesuai

Gunakan pasir malang sebagai media tanam sukulen. Pasir malang atau bebatuan diletakkan di dasar pot dapat mengurangi kelembapan. Campuran media tanam untuk sukulen diantaranya : tanah, pupuk kandang, sekam bakar, pasir malang dan bebatuan.

Sedangkan kaktus, media tanam yang bisa digunakan yaitu campuran tanah, sekam, pupuk kandang, pasir malang dan cocopeat.

2. Pilih Jenis Pot yang tepat

Tembikar dan Terakota yang dibagian bawahnya terdapat lubang, merupakan jenis pot yang terbaik untuk tanaman kaktus dan sukulen. Tujuannya pot berlubang tersebut, agar air siraman tidak menggenang di dalam pot dan dapat merembes keluar agar kaktus dan sukulen tidak membusuk karena kelebihan air.

3. Perhatikan Kebutuhan Air Tanaman

Tanaman kaktus dan sukulen sebaiknya hanya disiram seminggu sekali dengan drainase yang cukup. Untuk sukulen, pastikan tidak ada air yang menggenang pada daun karena menyebabkan tanaman busuk.

4. Kebutuhan Cahaya

Meskipun habitat asli tanaman kaktus di lingkungan kering, namun bukan berarti tanaman ini harus terpapar cahaya matahari secara terus menerus. Tanaman kaktus sebaiknya diletakkan di tempat dengan cahaya matahari yang cukup.

Agar dapat tumbuh dengan baik, tanaman sukulen butuh paparan sinar matahari pagi selama 5-6 jam perhari. Hindari terik matahari karena dapat membuat daun sukulen terbakar.

5. Tumbuh di Lingkungan Hangat

Suhu 18-32 derajat celcius, merupakan suhu yang ideal untuk perkembangan tanaman kaktus dan sukulen. Sebaliknya, jika diletakkan ditempat yang lembab kedua tanaman ini tidak dapat tumbuh dengan maksimal dan mudah busuk.

6.  Pemberian Pupuk yang Tepat

Meskipun unsur hara bisa di dapatkan di dalam media tanam, tetapi tanaman kaktus dan sukulen tetap membutuhkan pupuk sebagai sumber nutrisi untuk tumbuh sehat. Jenis pupuk yang dapat diberikan seperti pupuk kandang atau pupuk NPK.

Dosis pupuk yang diberikan sebanyak 2-4 bulir atau sekitar 5 gram/tanaman. Pemberian pupuk yang berlebihan dapat menyebabkan overheat (panas berlebih) yang dapat merusak tanaman.

Share Article

Facebook
WhatsApp
Twitter

Share Article

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *