Pemupukan-Tanaman-Wortel

SOLUSI TANAMAN WORTEL TUMBUH SUBUR!

Tanaman wortel (Daucus carota) merupakan umbi berwarna orange yang kaya akan kandungan vitamin A. Tanaman yang diperkirakan berasal dari Asia Tengah ini, tumbuh ideal pada daerah dataran tinggi pada ketinggian diantara 1200 – 1500 mdpl.

Selama proses budidaya tanaman wortel, media tanam yang digunakan harus mengandung banyak bahan organik serta berdrainase baik. Untuk memenuhi kebutuhan unsur hara saat budidaya tanaman wortel, tak cukup hanya dengan menggunakan bahan organik seperti pupuk kompos saja, Sobat Hextar perlu memberikan input pemupukan berimbang agar kebutuhan unsur hara terpenuhi saat proses pertumbuhan tanaman wortel. 

Ilustarasi-Pemupukan-Wortel

ilustrasi pertumbuhan dan pemupukan tanaman  wortel

Berikut rekomendasi pemupukan yang tepat dan berimbang tanaman wortel :

Pupuk Dasar

Pupuk dasar dapat diaplikasikan saat proses pengolahan lahan. Hal ini bertujuan selain menyediakan media tanam yang sesuai, juga membantu menyediakan unsur hara diawal pertumbuhan tanaman wortel. Pupuk NPK GOLD DGW 16-10-18 dan HX-DAP adalah pilihan yang tepat digunakan sebagai pupuk dasar. Kedua pupuk ini mengandung unsur hara Nitrogen, Phospate dan Kalium sesuai fase pertumbuhan vegetatif awal tanaman.

NPK-GOLD-DGW-dan-HX-DAP

Aplikasi pupuk dasar NPK GOLD DGW 16-10-18 DAN HX-DAP PADA TANAMAN WORTEL

NPK GOLD DGW 16-10-18 adalah pupuk berbentuk granul dengan komposisi unsur hara Nitrogen 16%, Phospate 10% dan Kalium 18%. Pupuk ini diaplikasikan dengan dosis pemupukan 100 Kg/Ha dengan cara ditaburkan merata.

HX-DAP merupakan pupuk tunggal DAP berbentuk butiran granul coklat muda. Pupuk HX-DAP mengandung unsur hara Nitrogen 18% dan Phospate 46%. Pupuk ini diaplikasikan dengan dosis 100 Kg/Ha dengan cara ditaburkan merata.

Aplikasi pemupukan dasar menggunakan produk NPK GOLD DGW 16-10-18 dan HX-DAP mampu merangsang pertumbuhan vegetatif awal seperti pembentukan akar, batang dan daun tanaman wortel.

PEMUPUKAN TANAMAN UMUR 30 HST

Tanaman wortel membutuhkan unsur hara N, P, K dan unsur hara makro lainnya dalam jumlah yang seimbang, baik di fase pertumbuhan vegetatif maupun generatif. Selain unsur hara makro, unsur hara mikro juga tidak kalah penting bagi tanaman meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit.

Petani wortel dapat mengaplikasikan beberapa pupuk berikut pada saat tanaman berumur 30 HST. 

paket pemupukan tanaman wortel umur 30 hst

Pupuk NPK COMPACTION DGW 15-15-15+TE, salah satu pupuk yang diproduksi menggunakan teknologi Compaction Compound sehingga kandungan unsur hara disetiap butirannya sama. Pupuk ini diformulasikan dengan kandungan unsur hara Nitrogen, Phospate dan Kalium masing-masing sebesar 15%, Magnesium 2%, Zinc 1% dan Boron 0,5%. Pupuk NPK COMPACTION DGW 15-15-15+TE diaplikasikan dengan dosis 100 Kg/Ha dengan cara ditaburkan merata.

HX-AS merupakan pupuk tunggal ZA berbentuk butiran kristal putih. Dilengkapi dengan kandungan unsur hara Nitrogen 21% dan Sulfur 24%, pupuk ini mampu merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman serta dapat meningkatkan bobot umbi wortel. HX-AS diaplikasikan dengan dosis 100 Kg/Ha dengan cara ditaburkan merata.

NPK BOOSTER DGW 12-6-22-3+TE dilengkapi dengan kandungan unsur hara Nitrogen 12%, Phospate 6%, Kalium 22%, Magnesium 3%, Zinc 0.05% dan Boron 0.1%. Karena mengandung unsur hara Kalium dalam jumlah yang tinggi, pupuk ini dapat diaplikasikan pada fase generatif tanaman saat mulai proses pembentukan umbi wortel. Pupuk ini diaplikasikan dengan dosis pemupukan sebesar 100 Kg/Ha dengan cara ditaburkan merata. Aplikasi pupuk NPK BOOSTER DGW 12-6-22-3+TE mampu meningkatkan bobot umbi dan kualitas hasil panen wortel.

HX-MROPH merupakan pupuk tunggal KCL yang berbentuk butiran kristal berwarna merah. Pupuk ini kaya akan kandungan Kalium sebesar 60%. HX-MROPH diaplikasikan dengan dosis 50 Kg/Ha dengan cara ditaburkan merata.

Aplikasi Pupuk Daun

Pupuk KNO3 CRYSTAL dan HX-MKP

Pupuk HX-MKP memiliki kandungan unsur hara Phospate 50% dan Kalium 35%. Pupuk ini diaplikasikan pada saat tanaman berumur 15 HST – 30 HST dengan dosis pemupukan 2-5 gram/L dengan cara disemprotkan atau dikocorkan. Pupuk HX-MKP bersifat water soluble sehingga sangat mudah larut dalam air mudah diaplikasikan.

KNO3 CRYSTAL berbentuk butiran kristal putih dengan kandungan unsur hara Nitrogen 13% dan Kalium 46%. Pupuk ini diaplikasikan pada tanaman saat berumur 45 HST -75 HST dengan dosis 3-6 gram/L dengan cara disemprotkan (3-5 Kg/200 L air) atau dikocorkan (2-3 Kg/200 L air). 

Aplikasi Surfaktan

Aplikasi surfaktan wetcit

WETCIT adalah surfaktan superior dengan kombinasi bahan aktif yang unik sehingga mampu menurunkan tegangan permukaan air, menghasilkan mikro droplet yang mampu meratakan, merekatkan dan menembus pestisida atau pupuk ke dalam jaringan tanaman. WETCIT diaplikasikan pada saat tanaman wortel berumur 7 HST- 70 HST. WETCIT diaplikasikan dengan dosis 0,5 ml/L – 1 ml/L disemprotkan. 

Demikian penjelasan mengenai pemupukan berimbang pada tanaman wortel, semoga bermanfaat bagi sobat Hextar sekalian.

Share Article

Facebook
WhatsApp
Twitter

Share Article

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *