Pemupukan-Berimbang

Pemupukan Berimbang, Tanaman Sehat dan Hasil Meningkat!

Sobat Hextar, Pemupukan adalah salah satu aspek penting dalam budidaya tanaman. Aplikasi pupuk secara berimbang sangat penting untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

Apa itu konsep pemupukan berimbang ? Apakah berimbang artinya terpenuhi asupan unsur hara secara proporsional atau angkanya yang seimbang ?

Prinsip pemupukan berimbang pada dasarnya harus sesuai kebutuhan. Konsep pemupukan berimbang adalah pemberian sejumlah pupuk untuk mencapai ketersediaan unsur hara esensial yang seimbang dan optimum ke dalam tanah.

Mengutip dari Cybex Pertanian, Pemupukan Berimbang  adalah pemenuhan hara yang berimbang dalam tanah, bukan berimbang dalam bentuk dan jenis pupuk

Agar hasil aplikasi pemupukan maksimal, Sobat Wajib menerapkan 5 Prinsip Pemupukan pemupukan berikut ini :

1. TEPAT JENIS
Tepat Jenis berarti pemupukan yang tepat sesuai dengan jenis pupuk yang dibutuhkan untuk tanaman. Seperti unsur SP 36 digunakan untuk tanaman yang kekurangan unsur P, unsur urea digunakan untuk tanaman yang kekurangan unsur N.

2. TEPAT DOSIS
Tepat Dosis berarti pemupukan yang diberikan harus tepat dosis dan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Hal ini dimaksudkan agar unsur hara tetap terpenuhi dan tanaman tidak mengalami over dosis (keracunan).

3. TEPAT WAKTU
Tepat Waktu berarti aplikasi pemupukan disesuaikan dengan fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Hal ini bertujuan agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal sesuai dengan fase pertumbuhan.

4. TEPAT TEMPAT
Tepat tempat berarti pemupukan harus memperhatikan tempat dan lokasi tanaman sehingga dapat mengaplikasikan pemupukan secara tepat. Seperti lokasi tanaman berada pada ketinggian dengan kondisi angin besar, maka disarankan untuk menggunakan pupuk cair. Prinsip ini juga berarti harus memperhatikan cara peletakan pupuk pada tanaman.

5. TEPAT CARA
Tepat Cara berarti cara pemupukan harus benar dan sesuai serta tepat sasaran agar pupuk yang diaplikasikan tidak terbuang sia-sia atau tercuci (leaching) oleh air dan terdenitrifikasi.

Aplikasi pupuk berimbang tidak hanya untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman Sobat, banyak manfaat yang bisa didapatkan jika Sobat menerapkan prinsip pemupukan berimbang, diantaranya : 

  • Meningkatkan efisiensi pemupukan
  • Meningkatkan kesuburan dan kelestarian tanah
  • Menghindari pencemaran lingkungan
  • Menghindari keracunan tanaman

Demikian artikel mengenai “Pemupukan Berimbang, Tanaman Sehat Hasil Meningkat”. Penerapan pemupukan berimbang sesuai dengan prinsip tepat jenis, tepat dosis, tepat waktu, tepat tempat dan tepat cara penting diaplikasikan untuk memaksimalkan pemupukan dan menjadikan tanaman tumbuh sehat dan produktivitas meningkat.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *