Hollow-heart-semangka

Kenali Hollow Heart Semangka, Kondisi Retaknya Daging Buah Semangka

Apakah Sobat Hextar pernah melihat buah semangka ketika dibelah terdapat lubang atau rongga berbentuk segitiga pada daging buah? Kondisi ini disebut Hollow Heart tanaman Semangka.

Beberapa informasi menyebutkan, penyebab terjadinya Hollow Heart Semangka karena adanya  zat Forchlorfenuron. Forchlorfenuron  merupakan zat pengatur tumbuh yang banyak digunakan untuk meningkatkan ukuran buah dan pembelahan sel. 

Berbeda dengan pendapat beberapa ilmuwan, Hollow Heart merupakan kondisi gangguan fisiologis buah karena minimnya penyerbukan atau penyerbukan tidak sempurna. Buah semangka tanpa biji memiliki resiko besar terkena Hollow Heart dibanding semangka berbiji.

Dikutip dari website phys.org, menurut Gordon Johnson, Asistant Professor Department of Plant and Soil Science Universitas Delaware menyebutkan, Kondisi Hollow Heart berhubungan dengan minimnya proses penyerbukan atau polinasi yang menyebabkan gagalnya proses pertumbuhan. Saat proses penyerbukan terjadi, jauhnya jarak dari sumber pollen dapat meningkatkan kejadian Hollow Heart semangka dan mengurangi kepadatan buah semangka.

Hollow-Heart-Semangka

Gejala Hollow Heart Semangka

Johnson juga menyebutkan, umur tanaman dan kondisi lingkungan juga berdampak pada perkembangan Hollow Heart Semangka. Hollow Heart ini banyak menyerang tanaman semangka terutama saat musim hujan.  Jadi, penyebabnya bukan penyakit ataupun Forchlorfenuron.

Selain karena faktor penyerbukan, Hollow Heart juga dapat terjadi saat tanaman semangka kekurangan unsur hara Kalium pada saat fase pembesaran buah. Selain unsur hara Kalium, kondisi Hollow Heart semangka juga dapat disebabkan oleh defisiensi Kalsium dan Boron karena dinding sel yang tidak kuat.

Buah semangka yang mengalami kondisi Hollow Heart umumnya rasanya hambar dan kondisi buah berongga. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa langkah pencegahan yang dapat Sobat Hextar lakukan, yaitu :

  • Mengurangi aplikasi pupuk Nitrogen yang berlebihan dan aplikasi pemupukan yang berimbang
  • Aplikasi pupuk daun pada fase pembentukan bunga. Pupuk daun yang mengandung unsur hara Phospat dapat merangsang pembentukan bunga dan buah. Aplikasi pupuk daun phospat dapat menekan terjadinya kondisi Hollow Heart Semangka.
  • Aplikasi pupuk yang mengandung unsur hara kalsium, kalium dan boron. Unsur hara tersebut berperan penting dalam meningkatkan kekuatan tanaman, memperkuat dinding sel tanaman, mengatur keseimbangan air dalam sel serta meningkatkan ketahanan dan meningkatkan tolenransi buah semangka terhadap kondisi stress, kekeringan serta serangan hama dan penyakit.

 

Beberapa rekomendasi produk yang kaya akan Kalium, Kalsium dan Boron yang dapat Sobat Hextar aplikasikan yaitu NPK COMPACTION DGW 15-15-15+TENPK BOOSTER DGW 12-6-22-3+TENPK DGW 16-16-16+TE, KNO3 CRYSTAL, KNO3 PRILL DAN HX MKP. 

 

Sumber : https://phys.org/news/2015-06-potential-hollow-heart-disorder-watermelons.html

Share Article

Facebook
WhatsApp
Twitter

Share Article

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *