Rekomendasi-pupuk-cabai

INI DIA! REKOMENDASI PUPUK TERBAIK CABAI BARU TANAM

Cabai, salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang menjanjikan dan memiliki kedudukan khusus di masyarakat sebagai bahan makanan/bumbu yang dikonsumsi setiap saat.

Tanaman dengan nama ilmiah Capsicum sp ini, memiliki harga jual yang tinggi, hal ini menjadi salah satu alasan para petani dalam membudidayakan tanaman cabai.

Tanaman cabai cocok ditanam pada tanah yang kaya akan humus dan gembur, serta tidak tergenang air, pH tanah yang ideal sekitar 5-6. Waktu tanam yang baik untuk lahan kering adalah pada akhir musim hujan. Selain mengurangi resiko gagal panen akibat intensitas curah hujan yang tinggi juga pada musim hujan biasanya rawan terserang penyakit.

Untuk menghasilkan tanaman cabai yang berbuah maksimal, ada beberapa kiat-kiat dalam proses budidaya yang wajib Sobat lakukan, diantaranya proses pemupukan yang tepat dan berimbang.

Apa rekomendasi pupuk pada cabai yang baru ditanam?

Untuk langkah awal, pergunakan pupuk dasar yang mampu merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman.

Ilustrasi-Pemupukan-Cabai-Baru-Tanam

ILUSTRASI PEMUPUKAN CABAI BARU TANAM

Pada tahap ini Sobat dapat mengaplikasikan pupuk NPK GOLD DGW 16-10-18 dengan dosis 200kg/ Ha yang ditaburkan secara merata. Penggunaan pupuk NPK GOLD DGW 16-10-18 ini cocok diaplikasikan untuk semua jenis tanaman dan mampu merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman. Selain itu pupuk ini diproduksi menggunakan Teknologi AVAIL & Nutrisphere-N sehingga mampu meningkatkan penyerapan unsur Fosfor dan Nitrogen bagi tanaman. Pupuk CAKRA PANDAWA PMS diaplikasikan dengan dosis 100 Kg/Ha.

Pada saat 15-30 HST (Hari Setelah Tanam), dapat diaplikasikan dengan pupuk NPK COMPACTION DGW 15-15-15+TE atau NPK DGW 16-16-16+TE untuk pertumbuhan dan hasil tanaman lebih berkualitas. Dapat diaplikasikan secara ditugal atau ditaburkan secara merata dengan dosis pemakaian 250 Kg/Ha.

Selain itu, agar tanaman terhindar dari serangan hama dan penyakit, dapat menggunakan pupuk CAKRA PANDAWA NP, dilengkapi dengan unsur hara N 20%, P205 10%,  Zn 1 % dan B 0,5%. Mampu mempercepat pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman serta meningkatkan kekuatan tanaman terhadap serangan hama & penyakit.

Baca Juga : Pemupukan Berimbang, Tanaman Sehat dan Hasil Meningkat!

Aplikasi Pupuk Daun

Untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman cabai baru tanam, terutama merangsang daun agar tumbuh subur dan hijau, Sobat dapat mengaplikasikan Pupuk Daun CROPFAST 16-16-16+TE dan CROPFAST 21-21-21+TE dosis 1,5-3 gram/L dengan cara disemprotkan atau dikocorkan.

Sobat juga dapat menambahkan aplikasi pupuk daun HX MKP dengan dosis 2-4 gram/L dengan cara disemprotkan atau dikocorkan.

Semoga informasinya yang diberikan bisa bermanfaat bagi Sobat Hextar, apapun jenis tanamannya, perawatan dan perlakukan yang benar menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam budidaya tanaman. Selamat bertani dan semoga hasil panen kali ini bisa berlimpah.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *