manfaat-bunga-telang

Beragam Manfaat dan Khasiat Bunga Telang

 Manfaat bunga telang – Bunga telang (Clitoria ternatea)  kian populer di kalangan masyarakat Indonesia saat ini. Tanaman bunga telang termasuk jenis polong-polongan. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini merupakan jenis tanaman liar dan merambat yang mudah ditemukan diberbagai tempat. Bunga telang memiliki bentuk unik dengan warna biru khas yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan pewarna pada berbagai jenis makanan dan minuman. Aneka produk olahan makanan dan minuman di buat dengan bahan dasar bunga telang seperti blue tea, blue rice, puding ,dll. Selain dijadikan sebagai bahan pewarna dan tanaman hias, tanaman bunga telang juga memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan

Berikut manfaat bunga telang bagi kesehatan :

Mengontrol Kadar Gula Darah

Bunga telang mampu mengurangi dan menstabilkan kadar glukosa di dalam darah. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi teh bunga telang mampu memperkuat imunitas dan sistem pertahanan tubuh dari ancaman kuman penyebab penyakit terutama saat cuaca sedang tidak bersahabat.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bunga telang mengandung ekstrak metanol yang dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan. Zat antioksidan mampu melindungi sel sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Paparan radikal bebas yang berlebihan dan terus menerus dapat meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini dan beberapa penyakit seperti jantung, kanker dan demensia.

Mengatasi Stres dan Kecemasan

Dalam jurnal Ancient Science of Life menyebutkan bahwa mengonsumsi bunga telang bisa mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder ).  Bunga telang yang berwarna biru ini memiliki efek ansiolitik dan antidepresi yang telah dibuktikan dalam berbagai studi. Mengonsumsi olahan bunga telang memiliki efek yang menenangkan pada tubuh sehingga dapat digunakan untuk mengurangi stress dan kecemasan berlebih.

Mengurangi Peradangan dan Menyembuhkan Luka

Kandungan asam oleat sebesar 51-52% di dalam bunga telang mampu mengurangi peradangan dan memiliki efek positif untuk mengurangi risiko terkenan kanker.

Ekstrak biji bunga telang mengandung flavanol glikosida yang dapat menyembuhkan luka. Ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang dapat diaplikasikan secara oral atau dioles.

Memperlancar Metabolisme Tubuh

Mengonsumsi teh bunga telang mampu mendorong pembakaran kalori dan meningkatkan hormon yang berperan dalam pembakaran lemak.

Meredakan Batuk dan Asma

Akar tanaman telang diketahui efektif untuk meredakan batuk dan gangguan asma. Tanaman telang banyak digunakan dalam pengobatan herbal tradisional.

Mengatasi Gangguan pada Mata

Air rendaman kembang telang diketahui ampuh digunakan sebagai obat untuk mengatasi mata merah ataupun masalah sakit mata lainnya.

Demikian beberapa manfaat dan khasiat tanaman bunga telang untuk kesehatan. Selain mengandalkan beberapa tanaman sebagai sumber herbal, kita juga harus menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Sumber : https://www.sehatq.com/artikel/7-manfaat-bunga-telang-si-cantik-yang-menyehatkan 

Share Article

Facebook
WhatsApp
Twitter

Share Article

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *